3k Milestone!

3k Milestone!
3k Milestone!

Menggunakan tool dari mas Ai Jogja, kami para oDesker dapat menampilkan income chart baik bulanan / mingguan dengan lebih mengasyikkan. Dengan itu, alhamdulillah, di bulan Maret ini income saya via oDesk sudah bisa menembus batas psikologi 3000USD/bulan. Phew… finally.

Namun… 😀

Salah satu alasan konyol kenapa di bulan Maret ini saya bs menembus 3K, itu adalah karena di bulan ini… jumlah Rabunya ada 5. Haha. Kalau cuman 4minggu secara biasa, yeah, “sekedar” nembus 2700-2800 USD aja. Meski, dengan dollar yang ratenya semakin (alhamdulillah) naik ini, jumlah segitu sudah nembus lebih dari 30jt lho. That’s worth to note guys!

Anyway, sesungguhnya ada tiga batasan psikologi yang saya sukai/saya tetapkan, yaitu:

  1. 1K : lebih dari 10jt/bulan. Ini .. ukuran gaji lokal yang sudah okay banget. Namun, untuk skala internasional, masih kecil sekali (lha wong saya pernah ditawari posisi TS dengan kata2 pembuka, “Maaf Ko, tapi ini gajinya kecil sekali. Kamu mau ga? Cuman 1,200USD..”. Asyem. Kqkqk
  2. 3K: lebih dari 30jt/bulan. Ini .. sudah ga masuk akal u/ kerjaan lokal sebagai programmer. Saya ga bs bayangkan jumlah sebesar ini kalau saya sekedar jd programmer lokal di kantor2 Jogja (atau mungkin jg Jakarta). Padahal, u/ skala internasional (let say.. US/Aussie), jumlah ini masih masuk level Janitor sekolah aja. Lagi2, “Asyem tenan”. (lemah banget ya, kurs kita..)
  3. 5K: lebih dari 50jt/bulan. Ini, dari perspektif saya, di posisi programmer internasional, sudah masuk ke level amazing. Honestly, saya masih belum bs membayangkan bs sampai ke level ini di tahun 2015. Kalaupun iya, sptnya saya harus upgrade skill atau ubah sistem dari kerja sendiri ke kerja sebagai agency. Jangan salah lho, kerja sendiri pun temen2 oDesker Indonesia ada beberapa yang bisa menembus level ini (salah satunya mas Syaiful Sabril dan mas Aditya Agustyana.. both are my mentor!)

By the way, catatan penting jika Anda melihat monthly income seorang freelancer di suatu bulan tertentu, “Ya sudah. Itu ya income di bulan itu. April? Ga ada jaminan. Bisa aja tiba2 stop” 😀

Jadi, kalau Anda seorang PNS yang baik dan benar, dan yang terbiasa dengan pola income fix bulanan, jangan langsung secara alam bawah sadar menghitung, “Wow, berarti setahun mas Eko dapatnya sekitar 3000 usd x 12500 x 12 = Rp. 450juta. Hampir 0.5M!”. Ga juga. Iya segitu, tapi hanya bs diketahui di bulan Desember akhir! 😀 Amiiiin..

Keep up guys!

2 thoughts on “3k Milestone!

Leave a Reply

